• Posted by : deden ferdiansyah Rabu, 03 April 2013


    Apa Itu SAMBA?

    Apa itu Samba?

    Posted ByKang DEDEN

    1. Samba adalah program yang dapat menjembatani kompleksitas berbagai platform system operasi Linux(UNIX) dengan mesin Windows yang dijalankan dalam suatu jaringan komputer. Samba merupakan aplikasi dari UNIX dan Linux, yang dikenal dengan SMB(Service Message Block) protocol. Banyak sistem operasi seperti Windows dan OS/2 yang menggunakan SMB untuk menciptakan jaringan client/server. Protokol Samba memungkinkan server Linux/UNIX untuk berkomunikasi dengan mesin client yang mengunakan OS Windows dalam satu jaringan.
    2. Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan.
    Samba mampu membagi file dengan komputer yang menggunakan sistem operasi linux, unix dan Windows dengan sistem peer to peer. Selain membagi file samba bisa menjembatani fungsi-fungsi sistem client-server seperti penggunaan PDC (primary domain control), DHCP (dynamic host configuration protocol), DNS (domain name system), FTP (file transfer protocol), webserver, mail server, telnet, ssh dan banyak lagi.
    Samba mampu membagi file dengan komputer yang menggunakan sistem operasi linux, unix dan Windows dengan sistem peer to peer. Selain membagi file samba bisa menjembatani fungsi-fungsi sistem client-server seperti penggunaan PDC (primary domain control), DHCP (dynamic host configuration protocol), DNS (domain name system), FTP (file transfer protocol), webserver, mail server, telnet, ssh dan banyak lagi.
    Banyak aplikasi-aplikasi yang berjalan di linux dan dijembatani oleh samba sehingga Windows linux ataupun unix dapat menggunakannya. Salah satu contohnya adalah aplikasi firewall. Firewall disini dapat di konfigurasi sesuai keinginan kita, seperti firewall akan berjalan ketika komputer dihidupkan, ketika dial-out, atau ketika mendapat ip dari dhcp server.
    Aplikasi lain yang berjalan yang dapat dijembatani samba adalah Proxy server dengan menggunakan squid. Fungsi keamanan Proxy ini dapat dengan mudah diatur berdasarkan tujuan, sumber maupun cara access ke tujuan. Samba juga memiliki aplikasi swat. Yaitu sebuah aplikasi samba yang berbasis web yang dibuat agar memudahkan pengaturan samba yang anda inginkan.
    Berikut ini adalah fasilitas-fasilitas yang dapat di jembatani oleh Software samba di antaranya adalah sebagai berikut:
    a. Sharing file dengan samba.
    b. Penggunaan swat.
    c. Sharing peralatan dengan samba seperti printer dan lain-lain.
    d. Pengaturan user group dan security seperti konfigurasi samba sebagai PDC.
    e. Mensupport DHCP.
    f. Mensupport DNS.
    g. Pengaturan security jaringan di linux seperti firewall dan anti virus.
    h. Penggunaan FTP server.
    i. Penggunaan Webserver.
    j. Konfigurasi internet gateway.
    k. Penggunaan mail server.
    l. Penggunaan Proxy server..
    m. Penggunaan telnet dan ssh
    n. Dan banyak lagi.
    Fungsi / Kegunaan Samba

    Kegunaan/fungsi dari Samba dalam jaringan komputer adalah :
    Menghubungkan antara mesin Linux (UNIX) dengan mesin Windows. Sebagai perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh samba Software mulai dari menjembatani sharing file, sharing device, PDC, firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server, Proxy dan lain-lain. Fasilitas pengremote seperti telnet dan ssh juga tersedia. Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya aplikasi pengaturan yang tidak lagi hanya berbasis teks, tetapi juga berbasis grafis yaitu swat.
    Menempatkan masin Linux/UNIX sebagai PDC (Primary Domain Controller) seperti yang dilakukan oleh NT dalam jaringan Wondows.

    Liat Nih Tutorialnya :D 

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • #Hacking

    #Code

    - Copyright © 2013 Deden Ferdiansyah - To Aru Kagaku no Railgun - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -